Air Garam Bisa Buat Bahan Bakar Mobil. Seperti Ini Caranya....


Sebuah penemuan yang menakjubkan telah dilakukan okeh Lembaga penelitian dan pengembangan sel baterai motor listrik mobil di Swiss, NanoFlowcell yang berhasil mengembangkan sumber arus listrik bagi mobil sport yang berasal dari bahan bakar air asin atau air garam. 

Hasilnya, mobil yang dinamai e-Sportlimousine itu bisa menyemburkan tenaga hingga 920 hp dan melesat hingga 350 Km/Jam.  Seperti dilaporkan oleh Newatlas dan Anonews, belum lama ini, AG Quant, sebelumnya pernah dipamerkan NanoFlowcell di gelaran Geneva Motor Show 2014.

Saat itu, konsep mobil ini disebut sebagai tandingan dari mobil bersumber tenaga listrik dari sel bahan bakar hidrogen. Ahli di perusahaan itu mengatakan, air garam yang dismpan dalam tangki berkapasitas 200 liter kebih efektif dalam menghasilkan atus listrik.

Cairan bermuatan Natrium dan Klorida ini bisa diproses melalui membran yang diletakkan antara tangki air garam dengan sebuah tangki lainnya yang menampung hasil pemrosesan. Arus listrik yang didapatkan kemudian ditampung dalam super kapasitor dan didistribusikan ke tempat yang diperlukan sebelum digunakan oleh motor listrik. AG Quant dengan menggunakan empat motor listrik.

 Sehingga mobil sport listrik dengan bahan bakar air garam bertenaga hingga 920 hp dan mampu melesat hingga 350 km/jam. Menempuh 600 kilometer NanoFlowcell mengaku bahwa hasil percobaan yang dilakukannya beberapa kali menunjukan, jika tangki terisi penuh 200 liter air garam, maka mobil bisa menempuh jarak hingga 600 kilometer tanpa henti.

 Mobil lima kursi yang memiliki dimensi panjang 5,25 meter, lebar 2,2 meter dan tinggi 1,35 meter ini telah dipakai berseliweran di beberapa kota, terutama di kota Swiss. Bahkan pada bulan Maret lalu, telah disertifikasi layak jalan dan aman oleh lembaga berwenang di Eropa.

 Tidak berhenti sampai di sini saja, NanoFlowcell mengaku berniat memproduksi mobil berbahan bakar air garam ini secara massal. Hanya, waktu kapan proses produksi itu dilakukan, dan apakah dijual secara luas di pasar global, hingga kini belum ada informasi.

 Tetapi yang pasti, keberhasilan ini telah melecutkan niat NanoFlowcell untuk mengembangkan produk-produk yang lain berbasis teknologi ini.

 “Kami punya rencana besar, dan tidak hanya di dalam industri mobil. Potensi NanoFlowcell jauh lebih besar, terutama dalam hal pasokan energi domestik serta teknologi maritim, kereta api dan penerbangan,” papar Ketua Dewan Profesor NanoFlowcell AG, Profesor Jens-Peter Ellermann. Jamz-sumberMotoris.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Air Garam Bisa Buat Bahan Bakar Mobil. Seperti Ini Caranya...."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel