TIPS BELANJA AMAN DI MARKETPLACE ( PASAR ONLINE )


Perkembangan Marketplace pada kuartal tahun ini begitu besar.Animo konsumen maupun penjual yang memanaatkan marketplace untuk melakukan transaksi jual beli meningkat tajam.Kemudahan yang ditawarkan baik metode pembayaran,pengiriman barang serta berbagai keleluasaan lain menjadi magnet tersendiri bagi konsumen.

Apalagi untuk orang dengan kesibukan yang padat,dimana tak ada waktu untuk memilih barang secara offline di retail ataupu market konvensional.Market Place atau pasar online menjadi Solusinya.
Blibli,Tokopedia,Lazada,MatahariMall, dan Market place besar lainnya adalah contoh begitu pesatnya perkembangan pasar Online ditanah air.Sebelum membahas tips aman bertransaksi di market place ada baiknya kita mengetahui apa itu market place serta bagaimana sistem kerjanya.

Apa itu Marketplace?

Marketplace dalam bahasa sederhananya dapat disebut juga dengan pasar online. Beberapa contoh marketplace yang populer di Indonesia saat ini seperti; Tokopedia, Buka Lapak, Lazada,MathariMall,Blibi, elevania dan lain lain.

Pada prinsipnya, marketplace atau pasar online akan mempertemukan banyak penjual dengan banyak pembeli. Marketplace menyediakan tempat (place), fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli secara nyaman dalam suatu sistem yang terintegrasi.

Jadi, perusahaan marketplace tidak mempunyai stok produk dan tidak menjual produknya sendiri. Marketplace hanya menyediakan fasilitas dan sistem agar transaksi antara penjual dengan pembeli bisa mudah dilakukan. Lebih lanjut marketplace akan menjadi mediator atau pihak tengah yang memastikan transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli lebih lebih aman.nah berikut ini ilustrasi sederhanya :

-Saat pembeli berhasil memilih dan menentukan barang yang dibeli, ia harus melakukan transfer pembayaran ke perusahaan marketplace, bukan transfer ke penjual melalui rekening bersama yang telah ditentukan

-Setelah itu, marketplace akan memberitahu ke penjual, bahwa pembayaran sudah diterima untuk pembelian produk A, dan penjual diminta untuk segera memproses dan mengirimkan paket barang ke alamat pembeli

-Setelah barang diterima pembeli maka pembeli bisa konfirmasi bahwa barang sudah diterima atau secara otomatis sistem mendeteksi melalui resi pengiriman bahwa barang sudah diterima

-Setelah itu, barulah perusahaan marketplace mentransfer pembayaran ke si penjual.

Konsep cara kerja marketplace ini ternyata sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia yang memang relatif sebelumnya tidak terlampau percaya dengan belanja online yang dianggap banyak terjadi penipuan.

Oleh sebab itulah konsep marketplace berkembang pesat di Indonesia, ditunjukkan dengan perkembangan jumlah penjual dan jumlah pembeli di berbagai marketplace yang populer.
Setelah kita mengetahui sistem kerja Marketplace dalam transaksi jual beli,maka berikut ini pojok grobogan info akan memberikan tips berbelanja aman di marketplace.

-Selalu gunakan layanan rekening bersama yang telah disediakan oleh marketplace yang kita pilih, dan jangan penah sekalipun membayar diluar sistem dari belanja online tersebut (contoh : anda diminta untuk melakukan transfer langsung ke rekening penjual) hal ini akan sangat rentan terhadap penipuan karena berada di luar sistem,dan tentunya pihak marketplace tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan dikemudian hari).

-Apabila menggunakan layanan kartu kredit,gunakanlah hanya di official merchant atau office yang bekerja sama dengan marketplace tersebut. jangan penah sekalipun memberikan data kartu kredit anda ke pihak penjual dengan alasan apapun karena akan sangat beresiko data kartu kredit tersebut akan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

-Pilih Marketplace yang menawarkan pengembalian dana cepat. Marketplace yang kredibel akan selalu menekankan merchant atau supliernya untuk selalu siap dalam melayani pembeli. hal ini karena akan berpengaruh pada penilaian pembeli terhadap marketplace tersebut.

-Pilih marketplace yang memiliki kebijakan pengembalian barang atau return barang terbaik. semua marketplace tentu ingin memberikan pengalaman berbelanja yang terbaik untuk pelangganya. oleh karena itu jangan takut dalam melakukan transaksi di marketplace, namun jika anda mendapatkan masalah saat menerima barang yang anda pesan (barang tidak sesuai, barang rusak, barang tidak dikirim seluruhnya ). marketplace akan menyediakan layanan pelanggan yang dapat dihubungi 1X24 jam,dan masa komplain barang disediakan oleh marketplace berbeda - beda,ada yang memberikan layanan pengembalian barang 1 hari, ada yang bisa memberikan layanan sampai 14 hari masa berlaku pengembalian barang. perlu diketahui sebagian besar marketplace akan membebankan biaya kirim barang yang bermasalah tersebut kepada pembeli.

nah menarik bukan,semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kamu mengenal marketplace dan tips aman berbelanja di marketplace.
 
artikel ini pernah dimuat di pojokgrobogan.net


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TIPS BELANJA AMAN DI MARKETPLACE ( PASAR ONLINE )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel