RUSAK PARAH : KECELAKAAN KERETA API DENGAN MOBIL


Solo – Sebuah mobil KIA Picanto yang dengan pelat nomor sementara AD 7296 XX, Kamis (25/1/2018) subuh tiba-tiba nyelonong ke jalur rel kerata api (KA) di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Padahal saat itu tengah melaku KA 302 Batara Kresna yang baru berangkat dari Stasiun Purwosari.
Akibatnya, mobil berwana putih itu langsung menabrak bagian depan kereta dan terjepit hingga berjam-jam. Kondisi mobil hancur hingga nyaris tak berbentuk.
Mobil itu diketahui dikendarai seorang wanita. Beruntung perempuan tersebut berhasil diselamatkan dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.
Identitas perempuan itu diketahui bernama RR Intan Ayu Kusuma Pratiwi. Intan hingga saat ini masih menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Solo. Pengemudi tak mengalami luka parah, hanya saja masih syok dengan tabrakan itu.
Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.07 WIB, di Simpang Tiga Stadion Sriwedari. Saat itu KA Btara Kresna baru memulai pemberangkatan pertama dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Wonogiri.
Diduga kecelakan itu akibat kesalahan pengemudi mobil yang tak berhati-hati. Kasatlantas Polres Surakarta, Kompol Imam Safi’i mengatakan, dari keterangan saksi  Intan diduga tidak melihat adanya KA Batara Kresna melintas di rel di pinggir Jalan Slamet Riyadi. Akibatnya, sopir mobil berpelat putih itu terjepit sampai dua jam.
“Jalan Slamet Riyadi sebelum jam 6 kan masih contraflow. Mobil ini dari arah timur sepertinya tidak memperhatikan ada kereta dari arah barat,” kata Imam di lokasi kejadian, Kamis (25/1/2018).
Ia menjelaskan sebenarnya KA Bathara Kresna ini saat melintas di Jalan Slamet Riyadi, melintas pelan.
“Jadi memang protapnya seperti itu. Jalan dengan kecepatan 20-30 km/jam, sampai ke Wonogiri. Kuat dugaan pengemudi tak berhati-hati saat belok dan tak melihat Batara Kresna melaju,” ungkapnya.
Proses evakuasi mobil yang terjepit kereta itu memakan waktu yang cukup lama. Petugas SAR, Dishub Solo, Damkar Solo dan pihak kepolisian dikerahkan untuk proses evakuasi.
Petugas juga mendatangan unimog dan crane untuk memindahkan mobil. Proses evakuasi baru berhasil dilakukan sekitar pukul 06.10 WIB.
Akibat ditabrak mobil itu, roda kereta pun anjlok dari rel. Proses evakuasi memeakan waktu yang lama sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup parah di sekitar lokasi kejadian.
SHOL-MURIA

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RUSAK PARAH : KECELAKAAN KERETA API DENGAN MOBIL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel